NAMSURYA HOTLINE

0812 17648260

BLOG

Hal Penting Yang Anda Waspadai Dalam Mengirim Live Animal Ke Luar Pulau

Pengiriman Live Animal Dengan Menggunakan Cargo pengiriman via laut terdapat banyak peraturan-peraturan dan persyaratan yang wajib dijalani baik itu dengan si pengirim binatang maupun binatang yang di kirim. Penerimaan cargo untuk pengiriman binatang harus melihat kondisi binatang yang akan dikirim serta kelengkapan dokumen yang diperlukan seperti yang tertera di IATA Live Animals Regilations Manual dan juga melihat regulasi yang dikeluarkan dari Cargo bersangkutan dalam hal pengiriman.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan pegiriman live animal adalah sbb :

1. Kesehatan Dan Kondisi Dari Live Animal Tersebut

Hanya binatang yang terlihat sehat dan dalam kondisi yang fit dapat melakukan perjalanan ke tempat tujuan dengan menggunakan jasa angkutan udara. Shipper harus menginformasikan apabila binatang dalam keadaan hamil atau baru melahirkan dalam waktu Jam sebelum keberangkatan. Mamalia yang dalam keadaan hamil tidak dapat diterima untuk pengiriman kecuali dilengkapi dengan surat jaminan kesehatan dari dokter hewan untuk menghindari resiko melahirkan selama dalam perjalanan.

2. Consolidation

Live animal tidak boleh dijadikan consol cargo dengan cargo lain selain live animal kalau dijadikan consol dengan live animal harus mengacu kepada IATA Live Animal Regulations.

3. Documents

Documen kesehatan dan sertifikat suntikan rabies harus disertakan karena merupakan ketentuan umum.

4. Packing And Marking

Packing untuk binatang harus bersih bebas dari kebocoran dan container untuk live animal harus dapat menjamin dapat mencegah binatang tersebut lolos dari container tempat pengiriman, kemudian container tempat binatang harus diberi tanda khusus untuk live animal berupa tag di setiap container.

5. Food And Other Additional Articles

Makanan yang diperlukan oleh binatang selama perjalanan harus termasuk dalam perhitungan chargeable weight, apabila makanan tersebut dikirimkan sebagai kiriman terpisah harus diberi tanda pada kemasannya

6. Reservation

Harus ada kepastian dari reservasi yang dilakukan mengenai keberadaan space di pesawat, kemungkinan connecting flight dan kepastian keberangkatan ke stasiun tujuan.

Dengan demikian syarat pada pengiriman live animal harus lah di perhatikan dan perlu di tangani sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, khusus nya terjadi penyebaran virus dari hewan ke manusia yang dapat dengan mudah menyebar dan juga dapat menimbulkan kerugian.

ARTIKEL BERMANFAAT lainnya

5 Things You Need To Know About Shipping Via Sea

BACA ARTIKEL

Pertumbuhan Pesat Labuhan Bajo Dalam 3 Tahun Terakhir Sejak Tahun 2015

BACA ARTIKEL

Warehouse Rentals are a Strategic Solution for Supply Chain Distribution Posts

BACA ARTIKEL